Headline Web PA Ampana 2023 baru

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ampana - Anda Berada di Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) - Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) - No Suap - No Pungli - No Gratifikasi - Waspadalah terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Ampana - Jam Pelayanan Senin-Kamis : 08.00-16.30 WITA, Jum'at : 08.00-17.00 WITA. - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Written by Muharromah, S.H. on . Hits: 361

PELAYANAN ISBAT NIKAH TERPADU DALAM RANGKA MEWUJUDKAN GERAKAN INDONESIA SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KERJASAMA PEMERINTAH KABUPATEN TOJO UNA UNA DENGAN PENGADILAN AGAMA AMPANA DAN KEMENTRIAN AGAMA TOJO UNA UNA

Pemkab Tojo Una-una bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama menggelar pelayanan itsbat nikah terpadu (Foto : Candra Lubah)

Ampana|www.pa_ampana.go.id

Ampana, 29 November 2022 bertempat di Auditorium kantor Bupti Tojo Una-una Pengadilan Agama Ampana melaksanakan sidang isbat nikah terbadu dalam rangka ulang tahun kabupaten Tojo Una-una yang ke 19, Isbat nikah kali ini terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una dengan Pengadilan Agama Ampana dan Kementerian Agama (Kemenag) setempat, dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Tojo Una-una, Wakil Bupati Tojo Una-una, Ketua DPRD, Unsur Forkompinda, Kemenag, Sekretaris Daerah Tojo Una-una, Dandim, Kapolres serta peserta isbat nikah terpadu.

Dalam acara pembukaan sidang isbat nikah terpadu ketua panitia pelaksana dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Tojo Una-una, beliau menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya sidang isbat terpadu ini pertama untuk membantu Masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan berupa akte kelahiran anak, karena hal tersebut sangat penting bagi anak guna persyaratan untuk memasuki jenjang pendidikan, dan yang kedua untuk mewujudkan Indonesia sadar administrasi kependudukan. Sidang Isbat terpadu di ikuti oleh 42 pasangan suami istri yang masing-masing peserta berasal dari kecamatan ampana Kota, Kecamatan Ampana Tete, Kecamatan Ulubongka dan kecamatan Ratolindo, peserta sidang isbat terpadu merasa gembira dengan adanya program ini sebab selain biaya gratis karena telah di tanggung oleh Pemerintah Tojo Una-una juga pernikahan mereka telah resmi tercatat secara hukum di negara Indonesia.

WhatsApp_Image_2022-11-29_at_104311.jpeg - 206.33 kB

Selanjutnya sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Ampana (Muh. Syarif, S.H.I), menyampaikan bahwa memberikan pelayanan isbat nikah terpdu ini adalah tugas pokok dan fungsi serta kewenangan Pengadilan Agama Ampana sesuai dengan Perma No. 1 tahun 2018 yaitu dengan bertujuan peristiwa pernikahan yang terdahulu tidak tercatat dalam buku nikah dengan melalui sidang isbat nikah pasangan suami istri biasa mendapatkan hak nya yaitu mendapatkan legalitas hukum di Indonesia. Ketua PA. Ampana memberikan Apresiasi kepada Pemda Tojo Una-una atas terselenggaranya kegiatan isbat nikah terpadu kali ini, semoga kedepan bias tetap berlanjut.

Sambutan dari Kepala Kantor Kementrian Agama Tojo Una-una (Abd. Muluk Lanonci) memberikan Apresiasi kepada Pemerintah Daerah Tojo Una-una atas terselenggaranyakegiatan ini, semoga kedepannya bisa tetap berlanjut untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang belum mempunyai buku nikah, beliau juga berharap kepada Ketua PA. Ampana agar semua pemohonan isbat nikah ini dapat dikabulkan, kepala Kantor Kementrian Agama Tojo Una-una juga menyampaikn bahwa kemenag mentargetkan dalam 3 tahun kedepan seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una-una rampung dengan administrasi kependudukan nya.  

Bupati Touna, Mohammad Lahay menyampaikan bahwa pelaksanaan itsbat nikah yang sudah kesekian kalinya dilaksanakan  merupakan wujud perhatian pemerintah daerah sebagai upaya untuk mengakomodir tingginya jumlah pasangan suami-isteri yang belum memiliki akta nikah.

“Insya Allah, kegiatan ini akan tetap terlaksana di tahun-tahun mendatang, sehingga jumlah pasangan suami-isteri yang belum tercatat oleh Negara atau belum memiliki buku nikah/akta nikah, bisa tuntas dan sudah tidak ada lagi di daerah ini,” ungkap Bupati Mohammad Lahay dalam sambutannya. Beliau juga mengajak kepda seluruh masyarakat Kabupaten Tojo Una-una yang belum memiliki buku nikah untuk segera melaporkan kepada disdukcapil, kemenag, dan Pengadilan Agama Ampana.

Acara ditutup dengan pemberian secara simbolis oleh Bupati Tojo Una-una berupa Salinan penetapan buku Nikah, KK dan KTP. (TimRed-Pa.ampana)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ampana

 Jl. Merdeka

 Kelurahan Uemalingku

 Kecamatan Ratolindo

 Kabupaten Tojo Una-una

 Kode Pos 94683

 Telpon 0464-2253400

 Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 Lokasi Kantor

5 2 4 logo w3c html5 2 4 logo WAI AAA2  ssl Copyright © 2021 Pengadilan Agama Ampana.