Headline Web PA Ampana 2023 baru

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ampana - Anda Berada di Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) - Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) - No Suap - No Pungli - No Gratifikasi - Waspadalah terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Ampana - Jam Pelayanan Senin-Kamis : 08.00-16.30 WITA, Jum'at : 08.00-17.00 WITA. - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Written by FZ on . Hits: 389

CPNS Pengadilan Tinggi Agama Palu Melakukan Kegiatan Aktualisasi Dengan Tema “Peningkatan Pelayanan Informasi Bagi Kelompok Disabilitas Melalui Alat Bantu Dengar Dan Penambahan Fitur Website Yang Ramah Disabilitas Di Pengadilan Tinggi Agama Palu”

(19/04) Sebagai upaya mewujudkan penguatan akses keadilan bagi kelompok rentan, sesuai dengan arahan pidato Presiden Republik Indonesia dalam acara Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2021 serta Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 206/DJA/SK/I/2021 Tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Lingkungan Peradilan Agama, maka salah satu peserta pelatihan dasar CPNS Mahkamah Agung RI tahun 2022 dari Pengadilan Tinggi Agama Palu saudara Ryan Rasyid Yusuf, S.T., mengangkat tema "Peningkatan Pelayanan Informasi Bagi Kelompok Disabilitas Melalui Alat Bantu Dengar dan Penambahan Fitur Website Yang Ramah Disabilitas Di Pengadilan Tinggi Agama Palu" sebagai laporan aktualisasinya.

Laporan aktualisasi ini, diawali dari pengumpulan isu aktual yang masih ditemukan pada Pengadilan Tinggi Agama Palu sesuai dengan tupoksi dari peserta pelatihan dasar, kemudian dikerucutkan menggunakan metode analisis USG (Urgency, Seriousness, Growth) sehingga dapat ditarik isu utama yaitu belum optimalnya pelayanan informasi bagi kelompok penyandang disabilitas. Berdasarkan isu ini, akhirnya dapat dimunculkan kegiatan kreatif yaitu pengadaan alat bantu pendengaran bagi kelompok disabilitas, melakukan penambahan fitur suara dan fitur kustomisasi tampilan pada website untuk mempermudah akses informasi bagi kelompok disabilitas, serta melakukan sosialisasi bagi petugas pelayanan di Pengadilan Tinggi Agama Palu.

Pada kegiatan pertama yakni pengadaan alat bantu dengar, semua prosesnya di konsultasikan dengan pimpinan sampai akhirnya alat bantu dengar yang baik dapat terwujud. Tujuan dari kegiatan ini adalah tersedianya alat bantu komunikasi yang baik bagi para tamu Pengadilan Tinggi Agama Palu yang mengalami gangguan pendengaran.

evidence foto 2

Pada kegiatan selanjutnya yakni penambahan fitur suara dan fitur kustomisasi tampilan pada website, semua prosesnya juga dikonsultasikan dengan pimpinan dan tim IT Pengadilan Tinggi Agama Palu sebagai upaya kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu berusaha untuk memberikan kemudahan akses informasi website pagi kaum penyandang disabilitas.

2

Selanjutnya adalah kegiatan sosialisasi kepada petugas pelayanan  serta media sosial Pengadilan Tinggi Agama Palu sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi petugas dalam memberikan pelayanan informasi dan memberitahu masyarakat terkait dengan adanya fitur ramah disabilitas pada website pengadilan tinggi Agama Palu.

Harapan dari seluruh kegiatan ini hakikatnya adalah untuk mewujudkan salah satu misi Pengadilan Tinggi Agama Palu yaitu memberikan rasa keadilan dengan cepat  sederhana dan biaya ringan.

Selama pelaksanaan pelatihan dasar CPNS, beliau di mentori oleh Bapak Misnudin, S.H.,M.H. selaku sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palu, dan coach sekaligus WI Ibu Dr. Teja P Utami, S.Tp., MM selaku Widyaiswara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan MA RI. 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ampana

 Jl. Merdeka

 Kelurahan Uemalingku

 Kecamatan Ratolindo

 Kabupaten Tojo Una-una

 Kode Pos 94683

 Telpon 0464-2253400

 Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 Lokasi Kantor

5 2 4 logo w3c html5 2 4 logo WAI AAA2  ssl Copyright © 2021 Pengadilan Agama Ampana.